Selasa, 22 Oktober 2013

Chipset, Socket, Slot, Southbridge, Speed



CHIPSET
Chipset adalah kumpulan microchip yang terdapat pada motherboard yang dirancang untuk bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu. Fungsi umum chipset adalah mengatur aliran data antar komponen yang terpasang pada motherboard.
Komponen didalam chipset :
1. Chipset North Bridge
Chipset ini berfungsi mengatur atau mengkoordinasikan aliran data dari Processor, AGP (Accelerated Graphics Port) dan RAM ( Random Access Memory).
2. Chipset South Bridge
Chipset ini berfungsi mengatur atau mengkoordinasikan aliran data dari piranti I/O, PCI Slot, USB, Etherhet, Audio, Harddisk dan Floppy

SOCKET
Socket adalah sebuah Class yang disediakan oleh beberapa bahasa pemrograman. Dengan socket, sebuah aplikasi di suatu komputer dapat Tentu saja aplikasi di komputer yang dihubungi menerima koneksi juga
menggunakan socket. Dengan kata lain socket adalah suatu Class yang digunakan oleh aplikasi untuk saling berhubungan. berikut ini menunjukkan bagaimana suatu aplikasi berhubungan dengan aplikasi lainnya.

Paradigma pada aplikasi jaringan berlaku model client-server. Aplikasi yang menginisialisasi koneksi, disebut aplikasi client. Sedangkan aplikasi yang menerima inisialisasi disebut sebagai aplikasi server. Oleh karena itu, jika kita membangun suatu aplikasi jaringan yang lengkap, maka kita harus membuat aplikasi client maupun aplikasi server.
Lebih lanjut mengenai socket, ada dua jenis socket yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi, yakni TCP Socket dan UDP Socket. Perbedaan utamanya adalah, di model TCP digunakan konsep connection oriented dan reliable data transfer, sedangkan di model UDP digunakan konsep connectionless oriented dan unreliable data transfer. Sebuah aplikasi dapat menggunakan salah satu dari jenis Socket tersebut disesuaikan dengan peruntukan aplikasi tersebut. Aplikasi berbasis TCP biasanya adalah aplikasi yang membutuhkan ketepatan data hingga 100% tapi tidak memperdulikan
lama pengiriman, sedangkan aplikasi berbasis UDP biasanya adalah aplikasi yang tidak terlalu mempedulikan ketepatan data tapi sangat peduli dengan delay pengiriman. Contoh aplikasi TCP adalah web browser, sedangkan UDP adalah Video Converence.
     Untuk membangun aplikasi hal pertama yang perlu dilakukan adalah menganalisa jenis aplikasi kita, kebutuhan bandwidth, kebutuhan ketersampaian data dan sensitifitas terhadap delay. Berdasarkan hal ini kita bisa menentukan protokol apa yang kita gunakan, entah TCP atau UDP.
Pengertian southbridge Salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan perangkat lain.

SLOT
Socket/Slot ProcessorTerdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan prosesor Anda. Model  paling lama adalah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau opular dengan istilah Socket 7. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan  Intel, AMD, atau Cyrix. Biasanya digunakan untuk prosesor model lama  (sampai dengan generasi 233 MHz). Ada lagi socket yang dinamakan Socket 370. Socket ini mirip dengan Socket 7 tetapi jumlah pinnya sesuai dengan namanya, 370 biji. Socket ini kompatibel untuk prosesor  bikinan Intel. Sementara AMD menamai sendiri socketnya dengan istilah Socket A, di mana jumlah pinnya juga berbeda dengan socket 370. Istilah A digunakan AMD untuk menunjuk merek prosesor Athlon. Untuk keluarga prosesor Intel Pentium II dan III, slot yang digunakan disebut dengan Slot 1, sementara motherboard yang menunjang prosesor AMD menggunakan Slot A untuk jenis slot yang seperti itu. 
Slot RAM
Motherboard memiliki slot khusus untuk RAM, seperti halnya prosessor. Dan setiap jenis motherboard berbeda–beda jenis SLOT ram yang sisertakan dalam motherboardnya tersebut. Untuk motherboard keluaran lama menggunakan slot SDRAM, sedangkan jenis terbaru saat ini menggunakan DDR3.
Slot Ekspansi
Slot ini merupakan slot tambahan atau external pada komputer. Bila komputer ingin di upgrade atau ditambahkan fungsi – fungsinya, tinggal menambahkan peralatan–peralatan yang anda butuhkan di expansio. Misalkan ingin mempertajam tampilan dengan memasang VGA card. Slot Ekspansi terdiri dari berbagai macam jenis antara lain PCI, PCIExpress, dan AGP.

SOUTHBRIDGE
fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya Memanfaatkan Southbridge Baru SiS Board ini merupakan salah satu produk Gigabyte untuk Pentium 4 yang menggunakan chipset "lawas". Terutama karena SiS sudah mengeluarkan chipset barunya untuk platform Pentium 4, SiS 648. GA-8ST667 dilengkapi dengan southbridge SiS 962L, dimana biasanya SiS 648 dipasangkan dengan southbridge SiS 961. Seperti kebanyakan board keluaran baru, 8ST667 dilengkapi dengan USB 2.0, audio codec 6 channel, serta mendukung IDE ATA133. Sayangnya, versi yang dikirimkan ke redaksi CHIP tidak disertai dengan onboard LAN 10/100. Seperti sudah menjadi "trademark" Gigabyte, produk ini juga sudah dilengkapi dengan fungsi Dual BIOS. Fungsi utamanya adalah untuk mencegah terjadinya kerusakan BIOS. ROM BIOS utama akan dibackup kedalam chip BIOS kedua. Ciri khas lainnya nampak pada menu pengaturan BIOS yang tergolong sederhana. Tidak banyak terdapat pilihan konfigurasi yang mendetail, baik bagi memori maupun prosesor. Walaupun tidak menyediakan berbagai pengaturan seksama untuk meningkatkan kinerja. Gigabyte cukup terdepan untuk urusan performa. Demikian pula dengan GA-8ST667, kinerjanya terbilang memuaskan. CHIP sama sekali tidak memberikan kesulitan pada saat pertama kali mengoperasikannya. Dicky.Noviyanto@CHIP.co.id Kesimpulan CHIP: Harga chipset-nya yang relatif lebih murah dibanding pesaingnya merupakan satu keuntungan tersendiri untuk merakit "budget PC".

SPEED
speed adalah ukuran dari seberapa besar kecepatan komputer menyelesaikan perhitungan dasar dan operasi. Ini diukur sebagai dalam frekuensi `hertz, dan paling sering mengacu pada kecepatan CPU komputer, atau Central Processing Unit. Clock speed merupakan frekuensi kecepatan tindakan yang sangat tinggi, satuannya adalah megahertz dan gigahertz. 1 megahertz artinya satu-juta siklus per detik, sementara gigahertz adalah satu-milyar siklus per detik. Jadi komputer dengan kecepatan clock 800MHz berjalan 800.000.000 siklus per detik, sedangkan komputer 2.4GHz berjalan 2.400.000.000 siklus per detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar